Membuat animasi walk cycle
2. Alat
Blender 2.6+
3. Bahan
4. Dasar Teori
A. Walk Cycle Pose
Sebuah walk cycle dapat disusun dengan
mengikuti acuan pose-pose berikut
Walk cycle poses
B. Biped Rig by Nathan Vegdal
Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang
biped rig yang akan digunakan, diantaranya meliputi setting IK dan FK, cara
penggunakan IK pada kaki untuk mengatur pose kaki.
C. Blender Dope Sheet Editor
Blender dopesheet editor digunakan untuk
melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.
Dopesheet Editor
C. Blender Graph Editor
Graph editor merupakan editor untuk
memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease
in, ease out, dan constant movement.
Graph Editor
D. Motion Paths
Motion path merupakan menu untuk menvisualkan
kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini
adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi.
Cube with motion path
5. Petunjuk Praktikum
1. Gunakan
Dope sheet editor untuk mengatur timing
2. Gunakan
Graph editor untuk mengatur spacing
3. Gunakan
Motion path untuk mengevaluasi arcs dan spacing
4. Berikut
adalah contoh basic walk cycle menggunakan extreme position dan passing
position
6. Latihan Praktikum
Lakukanlah latihan-latihan berikut ini:
1. Buatlah
walk cycle sederhana dengan menggunakan extreme position dan passing position.
2. Modifikasi
walk cycle sederhana tersebut dengan menambahkan up position dan down position.
3. Modifikasi
walk cycle tersebut dengan menambahkan gerak naik turun bahu dan pinggul.
7. Hasil Praktikum yang diharapkan
Buat video reel dari hasil masing-masing
latihan yang telah dikerjakan apapun hasilnya, sejelek apapun.
8. Kesimpulan yang diharapkan
Mahasiswa dapat membuat kesimpulan dalam
bentuk ringkasan pengalaman yang diperoleh dari praktikum ini
9. Referensi
No comments:
Post a Comment