Search This Blog

Saturday, April 11, 2015

Praktikum 6 – 3D Modeling menggunakan Blender

Tujuan

Membuat model 3D menggunakan modifiers pada Blender


Alat

Blender 2.73a


Bahan

(Tanpa Bahan)



Dasar Teori

Ada banyak bentuk Polygon Modeling, diantaranya:
1. Primitive Modelling
2. Polygon Editing
3. Modifiers


Primitive Modeling

Primitive modeling adalah bentuk teknik modeling paling sederhana dimana komponen yang dimanipulasi/diubah-ubah adalah bentuk-bentuk primitif seperti kubus, silinder, kerucut, torus, dan bola.
berikut adalah contoh primitive modeling.


Polygon Editing

Polygon editing adalah teknik modeling dengan manipulasi polygon. Alat yang biasa digunakan adalah extrude dan loop cut. Selain itu manipulasinya juga dilakukan pada titik(point/vertex), garis(edge), ataupun sisi(face).
berikut adalah contoh polygon editing


Modifiers

Salah satu fasilitas 3D modeling menggunakan blender adalah adanya modifiers. Modifiers merupakan fasilitas untuk membuat sebuah model tanpa harus membuat seluruh polygon yang diperlukan. Beberapa modifiers yang umum digunakan antara lain mirror, subdivision, dan array.
berikut adalah contoh penggunaan subdivision modifier





berikut adalah contoh penggunaan mirror dan array dalam pembuatan kursi





Petunjuk Praktikum

Buatlah Pitcher dan Teko menggunakan subdivion multiplier. Ikuti tutorial berikut untuk contoh pembuatan yang bisa ditiru.

Buatlah Kursi menggunakan mirror dan array seperti tutorial berikut


Hasil Praktikum yang diharapkan

Buat screenrecord yang menunjukkan proses kalian melakukan 3D modeling dari obyek-obyek berikut:
1. Mangkok 


2. Pitcher/Jar

3. Ceret/Teko

4. Kursi 


Kesimpulan yang diharapkan

Setelah melakukan praktikum ini dengan membuat sebuah mangkok, pitcher, teko dan kursi. Dapat disimpulkan bahwa ketika membuat animasi ini membutuhkan ketelitian dan ketekunan dalam berlatihi untuk mendapatkan hasil yang baik.

No comments:

Post a Comment