Search This Blog

Tuesday, March 31, 2015

Praktikum 5 – Polygon Modelling

Tujuan
Membuat model 3D menggunakan teknik Polygon Modelling
Alat
Blender 2.73a
Bahan
(Tanpa Bahan)

Dasar Teori
Ada banyak teknik 3D modeling, diantaranya:
1. Polygon Modelling
2. Sculpting


Polygon Modeling
polygon modeling menggunakan polygon sebagai bentuk dasar untuk pembuatan model 3D. Seperti pada referensi ini. Pada referensi tersebut, kegiatan modeling dimulai dengan memilih primitive. Bisa disebut juga primitive modeling. Primitive modeling biasanya dilanjutkan dengan polygon editing. Dalam blender, biasa disebut dengan Edit Mode atau shortcut-nya tombol TAB.
Sculpting
Sculpting menggunakan pendekatan artist lilin/malam untuk setiap menu yang disediakan oleh softwarenya.

Petunjuk Praktikum
Membuat kursi menggunakan primitive only

Membuat kursi menggunakan polygon editing dengan pendekatan additive modeling

Membuat kursi menggunakan teknik polygon editing dengan pendekatan subtractive modeling
https://www.youtube.com/watch?v=kOV6y1NBOO4
Membuat meja dengan kombinasi pendekatan additive dan subtractive

Membuat kursi versi 2 dengan teknik polygon editing



Hasil Praktikum yang diharapkan

Kesimpulan yang diharapkan

Pada percobaan ini saya membuat kursi dengan menggunakan teknik polygon. Awalnya saya masih bingung dan tidak terbiasa dengan tools yang terdapat pada blender. Tetapi setelah saya tonton semua tutorial dan mencoba untuk latihan akhirnya saya dapat membuat kursi 3D meskipun hasilnya tidak sempurna dan banyak kekurangan.


No comments:

Post a Comment