Search This Blog

Saturday, September 13, 2014

Laporan Praktikum Ball Bouncing Across The Screen



I. Tujuan

  • Mahasiswa dapat menggunakan software pencil2D
  • Mahasiswa dapat membuat animasi bola memantul


II. Dasar Teori


Pengertian animasi karakter adalah suatu teknik penggambaran dan pengolahan karakter baik berupa 2 dimensi maupun 3 dimensi sehingga karakter yang dibuat seolah-olah hidup dan bersifat seperti hidup. Untuk membuat karakter seolah-olah hidup, dibutuhkan beberapa animasi yang sesuai dengan sifat dan karakteristik makhluk hidup tersebut. Saya menyimpulkan bahwa definisi animasi adalah : sebuah gerakkan yang dihasilkan dari gambar yang dibuat secara manual (hand drawing), computerized (2D ataupun 3D), atau hasil dari photography (stop motion) dalam jumlah banyak dan diurutkan dengan urutan dan kecepatan tertentu.



III. Langkah-langkah Pembuatan

Pertama bukalah software pencil2D pada dekstop kemudian buat halaman baru caranya dengan klik file- new file


Pilih layer bitmap


Untuk membuat garis batas pantulan bola, dapat menggunakan polyline tool



Gunakan layer vector untuk membuat bola



Buat lingkaran bola dengan menggunakan sketch tool



Buat frame baru untuk membuat lingkaran yang lainya.
Agar tidak menghabiskan waktu dengan menggambar lingkaran satu per satu, kita bisa menduplicate lingkaran. Caranya dengan select lingkaran yang sudah dibuat kemudian Ctrl + C - Ctrl + V untuk memindahkan lingkaran caranya select lingkaran yang diinginkan kemudian klik move tool. (pindahkan lingkaran ke frame yang baru)


Lakukan cara di atas secara berulang dengan mengubah posisi lingkaran dan bentuk lingkaran, agar animasi pantulan bola dapat terlihat seperti aslinya.
Jangan lupa untuk klik tombol loop, agar animasi yang dibuat dapat berulang secara otomatis.


Untuk melihat hasilnya dengan klik tombol play yang beradadi samping tombol loop.
Simpan dengan klik file - save as.
Eksport dengan klik file - eksport - flash/swf.



IV. Hasil Percobaan

Dan inilah hasil percobaan ball bounce saya :





Revisi :



V. Analisa


Terdapat 4 layer yaitu : bitmap, vector, camera, dan sound layer. Semua layer tersebut dapat digunakan sesuai keinginan kita.
Terdapat berbagai jenis tool yang dapat digunakan, seperti move, clear, select, polyline, pencil, paint bucket, eyedropper, eraser, brush, pen, smudge, dan Hand Tool.
Untuk membuat pergerakan objek menjadi lambat, maka jarak objek antar frame harus berdekatan, sedangkan untuk pergerakan objek cepat maka jarak objek antar frame harus berjauhan.

No comments:

Post a Comment