Search This Blog

Thursday, September 18, 2014

Laporan Praktikum Brick Falling From A Shelf To The Ground





I. Tujuan

Mahasiswa dapat membuat animasi balok jatuh dari ketinggian



II. Dasar Teori


Berikut adalah beberapa dasar teori yang dapat diterapkan untuk membuat animasi tersebut
1. Timing 
timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang pas.
2. Spacing
sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat. Berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.


III. Langkah-langkah Pembuatan


Pertama bukalah software pencil2D pada dekstop kemudian buat halaman baru caranya dengan klik file- new file


Pilih layer bitmap


Untuk membuat garis tangga, dapat menggunakan polyline tool



Gunakan layer vector untuk membuat lengkungan sebagai batas agar tidak terjadi gerakan diagonal. Gunakan layer bitmap untuk menggambar objek (balok dan garis).



Buat objek (balok) dengan menggunakan sketch tool.



Buat frame baru untuk membuat objek yang lainya.
Agar tidak menghabiskan waktu dengan menggambar objek satu per satu, kita bisa menduplicate objek. Caranya dengan select objek yang sudah dibuat kemudian Ctrl + C - Ctrl + V untuk memindahkan objek caranya select objek yang diinginkan kemudian klik move tool. (pindahkan objek ke frame yang baru)


Lakukan cara di atas secara berulang dengan mengubah posisi objek dan bentuk objek, agar animasi dapat terlihat seperti aslinya.
Jangan lupa untuk klik tombol loop, agar animasi yang dibuat dapat berulang secara otomatis.


Untuk melihat hasilnya dengan klik tombol play yang beradadi samping tombol loop.
Simpan dengan klik file - save as.
Eksport dengan klik file - eksport - flash/swf.



IV. Hasil Percobaan

Dan inilah hasil percobaan saya :




V. Analisa

Untuk membuat animasi pantulan terlihat nyata kita harus memperhatikan timming dan spacing. Dan juga lengkungan yang digunakan sebagai prinsip utama dari praktikum di atas

referensi :

No comments:

Post a Comment