Membuat 360 turn table animation
Alat
Blender 2.73a
Bahan
Cartoon dragon no rig (register dulu baru bisa download)
Dasar Teori
360 turn table animation adalah animasi yang biasanya digunakan untuk menampilkan hasil karya 3D, semacam showcase. Animasi ini juga merupakan animasi umum untuk showreel seorang 3D modeller. berikut contoh penggunaan 360 turn table animation untuk showreel 3D modeling.
Untuk melakukan praktikum ini diperlukan pengetahuan atas dasar-dasar teori berikut terkait perintah-perintah yang bisa dilakukan oleh blender. Diantaranya adalah perintah-perintah untuk manipulasi objek, meng-custom tampilan blender (view), dan menganimasikan objek menggunakan keyframe.
Untuk melakukan manipulasi objek, pertama kali yang perlu dilakukan adalah memilih objek untuk dimanipulasi baru kemudian dilanjutkan dengan perintah manipulasinya. berikut adalah daftar perintah yang bisa digunakan
1. Selecting object
untuk menseleksi satu objek dapat dilakukan dengan tombol Right Click.
untuk menseleksi lebih dari satu objek dapat dilakukan dengan menahan tombol shift kemudian right click pada semua objek yang ingin diseleksi.
untuk memilih seluruh objek yang tampil di layar dapat dilakukan dengan meletakkan mouse cursor di atas 3D View kemudian tekan tombol A. Tombol ini berfungsi sebagai toggle, jika belum ada objek yang diseleksi maka akan berfungsi sebagai select all. jika select all sudah dilakukan, maka tombol A berfungsi sebagai unselect all.
2. Rotate
setelah objek terseleksi, rotasi dapat diaktifkan dengan menekan tombol R pada saat mouse berada diatas 3D view, kemudian gerakkan mouse ke tengah atau ke luar layar.
3. Scale
setelah objek terseleksi, scale dapat diaktifkan dengan menekan tombol S kemudian gerakkan mouse untuk scale in atau scale out.
4. Translate/move
setelah objek terseleksi, translate/move dapat diaktifkan dengan menekan tombol G kemudian gerakkan mouse untuk memindahkan objek.
Untuk semua kegiatan tersebut (rotate, scale, translate), pergerakannya dapat dibatasi pada sumbu tertentu dengan menekan tombol X atau Y atau Z sesuai sumbu yang diinginkan.
Selain menggunakan tombol keyboard, juga bisa dilakukan menggunakan tombol objek handle di bagian bawah 3D viewport.
Object Manipulator Button |
Object Manipulator Button |
Petunjuk Praktikum
Percobaan 1: Test Render
Buka file Cartoon dragon no rig.
Buka tab Render pada view Properties
Render Tab pada View Properties |
Hasil rendernya terlihat seperti terpotong padahal sebenarnya tidak
Contoh Hasil Render |
Full zoomed out image editor |
Percobaan 2: 360 Turn Table
Buka file Cartoon dragon no rig.
Pilih View Layout Animation pada tampilan 3D view, pilih opsi Animation
View Layout Options
|
Seleksi objek berkaitan dengan dragon |
menu Properties panel |
Timeline View |
Z Rotation Property |
penambahan single keyframe tersebut akan meng-highlight Z rotation property dengan warna kuning dan akan menambahkan 1 item baru pada dopesheet.
Hasil penambahan single keyframe |
klik frame 250 |
Set Z rotation property menjadi 360 |
klik kanan pada Z Rotation property kemudian pilih Insert Single Keyframe
Insert single keyframe |
Hasil Praktikum yang diharapkan
Screen record dari percobaan 1:
Test Render
360 Turn table
No comments:
Post a Comment