I. Tujuan
Mahasiswa dapat membuat animasi kepala menoleh sederhana (simple head turn).
II. Dasar Teori
Berikut adalah beberapa dasar teori yang dapat diterapkan untuk membuat animasi tersebut
1. Timing
timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang pas.
2. Spacing
sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat. Berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.
III. Langkah-langkah Pembuatan
Pertama bukalah software pencil2D pada dekstop kemudian buat halaman baru caranya dengan klik file- new file
Pilih layer bitmap
Buat lingkaran sederhana dengan menggunakan sketch tool pada layer bitmap.
Buat frame baru untuk membuat objek yang lainya.
Jangan lupa untuk klik tombol loop, agar animasi yang dibuat dapat berulang secara otomatis.
Untuk melihat hasilnya dengan klik tombol play yang beradadi samping tombol loop.
Simpan dengan klik file - save as.
Eksport dengan klik file - eksport - flash/swf.
IV. Hasil Percobaan
Dan inilah hasil percobaan saya :
V. Analisa
Untuk membuat animasi pantulan terlihat nyata kita harus memperhatikan timming dan spacing.
referensi :
No comments:
Post a Comment